Air Terjun (Water Fall)

Air Terjun Lematang Indah

Palembang tidak hanya kaya dengan budaya dan tradisinya tetapi juga memiliki alam yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini terletak di Kota Pagar Alam, Propinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Lematang Indah tidak diragukan lagi, meski ketinggianya hanya 40 meter tidak seberapa dibanding Air Terjun Sipiso-Piso namun pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa.

Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu objek wisata alam andalan Kota Pagar Alam. Lokasinya strategis di pinggir jalan tepat di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak ketika Anda menuju ke Kota Pagar Alam. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga. Di saat musim hujan Anda perlu berhati-hati menuruni anak tangga karena licin.

Dibawah air terjun ini juga terdapat aliran sungai yang jenih dihiasi bebatuan besar. Pepohonan di sekitar air terjun senantiasa dihinggapi burung-burung yang berkicau. Suara aliran sungai pun mampu membuai Anda untuk belama-lama menikmati keindahannya. Di lokasi Air Terjun Lematang Indah terdapat fasilitas yang kamar mandi dan juga tempat istirahat. Tiket ke lokasinya ini Rp4.000,- per orang.

Pada hari libur, Air Terjun Lematang Indah ramai dikunjungi wisatawan. Mereka datang dari pagar alam, Palembang, maupun dari luar Palembang. Perjalanan selama menuju Air Terjun Lematang Indah ini pun tidak membosankan karena Anda akan disuguhi gundukan pemandangan yang sangat indah.

Kegiatan

Berkunjung  ke air terjun ini merupakan tidak akan mengecewakan Anda, terutama jika Anda pecinta keindahan alam. Udaranya yang bersih dan sejuk, airnya yang bersih, segar serta aliran sungai dan kicauan burung benar-benar dapat menghipnotis Anda. Duduk di bebatuan besar dan membenamkan kaki Anda ke dalam air yang sejuk sungguh merupakan kenikmatan tersendiri. Anda juga bisa berenang untuk menikmati dinginya pijatan air di kulit dan tubuh Anda.

Selain Air Terjun Lematang Indah masih banyak lagi yang dapat dikunjung, diantaranya adalah Air Terjun Embun, Air Terjun Pancur, Air Terjun Tujuh Kenangan, Air Terjun Mangkok dan Air Terjun Merak. Air Terjun ini terletak dalam satu kawasan di Kecamatan Pagar Alam Utara bisa juga melalui Kecamatan Pagar Alam Selatan. Objek wisata ini bisa ditempuh dengan mudah dari pusat Kota Pagar Alam dengan jarak kurang lebih 8 km. Jalan menuju Objek Wisata ini menanjak dengan pemandangan yang indah.

Transportasi

Air Terjun Lematang Indah dapat dijangkau dengan kendaraan baik dari Lahat maupun Pagar Alam. Jalan menuju lokasi air terjun ini kondisinya baik karena merupakan jalan utama kabupaten namun cukup banyak tikungan dan berliku-liku.

Lokasi Air Terjun Lematang Indah terletak sekitar 10 km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar 6  jam dengan jarak tempuh sekitar 298 km.

Sumber: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Air Terjun Bedegung, Aset Wisata Sumatera Selatan

Kekayaan alam Sumatera seolah tak terhitung. Keajaiban Air Terjun Dua Warna bukanlah akhir dari nostalgia air terjun. Masih ada banyak air terjun hebat lainnya yang wajib Anda datangi. Salah satu yang memiliki kesan istimewa adalah objek air terjun yang terdapat di selatan Pulau Sumatera, yaitu Air Terjun Bedegung.

Objek Wisata

Barangkali jika Anda belum pernah berkunjung ke Sumatera, Anda merasa kurang familiar dengan tempat-tempat indah yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Selatan. Jika ya, pastikan mulai saat ini Anda sudah mencari tahu seluk beluk objek wisata yang tersimpan di provinsi ini. Salah satu hamparan keajaiban alam di Provinsi ini adalah Air Terjun Bedegung. Hingga kini, masih banyak orang yang belum akrab dengan tujuan wisata yang satu ini.

Air Terjun BedegungKetinggian Air terjun Bedegung mencapai 99 meter. Dengan demikian, air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertingi di Indonesia setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter). Sepanjang rute menuju Air Terjun Bedegung, Anda akan disambut hijaunya pepadian dan suasana alam yang sangat kental. Anda harus menempuh jarak 56 km menuju perbatasan Batu Raja – Muara Enim. Kali ini, Anda dapat menggunakan mobil pribadi dengan waktu sekitar 1 jam. Setelah itu, Anda masih akan berkelana demi menuju lokasi utamanya dan kali ini Anda hanya dapat mencapainya dengan berjalan kaki.

Pastikan Anda menggunakan sepatu yang tidak merepotkan saat dibawa berjalan melewati tangga di atas aliran sungai dan menaklukkan sebuah jembatan besi yang sudah berlubang beberapa bagian pijakannya. Kewaspadaan harus terus dijaga agar Anda terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya kecelakaan. Meskipun demikian, jembatan itu masih cukup kokoh untuk dilalui. Semakin mendekati air terjun, telinga Anda akan semakin menangkap suara gemericik airnya ynag membuat hati berdegup tidak sabar ingin segera menapakkan kaki di hadapan Air Terjun Bedegung.

Jembatan Air Terjun Bedegung Muara EnimDi sekitarnya, Anda dapat menempati pondok-pondok tak berpenghuni secara cuma-cuma untuk bersantai sejenak memulihkan tenaga. Bebatuan besar juga terhampar sehingga Anda bisa duduk-duduk di atasnya seraya menikmati dahsyatnya panorama alam pada Air Terjun Badegung ini. Kesejukan air nya berasal dari mata air di celah Bukit Barisan yang sama sekali tidak pernah kering. Aliran di bawahnya membentuk sungai kecil yang cukup deras dan bebatuan besar juga terhampar di sana. Anda dapat berfoto ria di atas bebatuan ini dengan latar air terjun yang mengucur dengan sangat deras.

Lokasi

Air Terjun Bedegung berlokasi di Sumatera Selatan, tepatnya di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Beranjak dari Kabupaten Muara Enim, Anda akan menghabiskan waktu 1,5 hingga 2 jam menempuh jarak 56 kilometer menuju objek wisata andalan Sumatera Selatan ini. Melewati jalan setapak terlebih dahulu sebagai akses utama untuk tiba di Air Terjun Bedegung.

Akses

Jalur darat untuk sampai di Air Terjun Bedegung bisa dilewati oleh bus ataupun kendaraan pribadi. Selain itu, kereta api juga bisa menjadi transportasi pilihan Anda. Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga telah membangun jalan dari Kota Prabumulih menuju Simpang Meo. Panjang jalanan ini sekitar 87 kilometer dan juga melalui areal hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit.

Dari Ibukota Provinsi, Palembang, Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam dengan jarak sekitar 177 kilometer menuju tempat wisata indah ini. Artinya, lebih singkat jika dibandingkan rute dari Muara Enim dengan jarak 239 km.

Harga Tiket

Memasuki area air terjun unggulan Sumatera Selatan ini, Anda diminta membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Seperti tempat wisata lainnya, pada hari libur nasional atau hari besar agama, biayanya akan bertambah mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp. 25.000,- per orang.

Fasilitas Dan Akomodasi

Pemerintah setempat tidak tinggal diam menanggapi adanya tempat wisata Air Terjun Bedegung ini. Pembenahan senantiasa dilakukan dalam hal sarana dan prasarana di sekitar lokasi wisata, seperti perbaikan toilet dan kamar mandi, lapangan untuk parkir kendaraan, serta pembangunan jalan setapak sebagai akses utama yang akan memudahkan Anda. Villa untuk menginap juga tersedia apabila Anda ingin bermalam menikmati suasana air terjun lebih lama. Warung-warung juga mudah ditemui, hanya saja mayoritas hanya menyediakan mie instan sebagai menu santapan Anda.

Sumber : http://www.go sumatera.com

Indahnya Tirai Air terjun Temam di Sumatera Selatan

air terjun temam lubuklinggau sumatera selatan

Sumatera Selatan merupakan salah satu propinsi yang mempunyai banyak destinasi wisata pegunungan dan didalamnya. Air terjun juga salah satu andalan wisata di propinsi ini. Propinsi Sumatera Selatan mempunyai sebuah air terjun yang sangat indah, mempunyai keindahan yang berbeda dengan air terjun umumnya. Air Terjun Temam namanya, 1 keindahan diantara air terjun – air terjun yang berada di Propinsi Sumatera Selatan.

Obyek Wisata

panorama air terjun temam lubuklinggau sumatera selatanBanyak yang menyebut air terjun ini adalah Air Terjun Niagara Mini yang berada di Amerika Serikat. Bentuknya yang memanjang dan mirip tirai raksasanya tetapi Air Terjun Temam ini lebih kecil ukuranya. Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah, jadi tidak perlu khawatir untuk tetap bisa menikmati dan bermain air di area air terjun ini.

Air Terjun Temam berbeda dengan air terjun tinggi menjulang yang biasa kita temui, air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter. Keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung dibawah air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang  duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air dihadapan mereka.

Banyak cara unutk mengagumi air terjun ini. Dengan cara berfoto narsis dari atas dan dengan background air terjun, dengan hanya view air terjun temam lubuklinggau sumatera selatanduduk didepan air terjun sambil menikmati hempasan embun air terjun dan dengan mendekat sambil bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun. Kadang ada juga anak asli masyarakat sekitar yang berani terjun dari atas air terjun ke kolam yang mempunyai kedalaman sekitar 4 meter itu. Air Terjun ini sangat sayang untuk dilewatkan apabila saat kita berada di Propinsi Sumatera Selatan, dari pintu masuk suara gemuruh air sudah menghiasi indera pendengaran kita. Dengan akses melewati anak tangga berjumalah kurang lebih 100 anak tangga yang sudah bersih dan tertata rapi dan melewati rindangnya pepohonan disekitar perjalanan. Sesampai di air terjun dengan pelataran yang luas bisa langsung menikmati atau beristirahat dahulu di  beberapa tempat untuk istirahat yang berbentuk cendawan raksasa lengkap dengan tempat duduknya.

Lokasi

Air Terjun Temam berada di Kelurahan Rahma, Kota Lubuk Linggau, Propinsi Sumatera Selatan.

Akses

kolam air terjun temam lubuklinggau sumatera selatanDenga jarak 11 km dari pusat kota Lubuk Linggau ke arah selatan atau sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui dua jalan masuk, yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma atau Kelurahan Air Temam dengan kondisi jalan yang cukup bagus.  Air Terjun ini sendiri terletak sekitar 50 m dari jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma.

Kota lubuk Linggau dapat ditempuh dengan 6.5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Palembang. Sebagai alternatif lain, kota ini juga dapat dicapai melalui Bengkulu dan berjarak sekitar 4 jam perjalanan dengan melewati kota Kapahiang dan Curup.

Akomodasi dan Fasilitas

Tempat Wisata Air terjun Temam sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah Kota Lubuk Linggau, Fasilitas di area air terjun saudah lengkap. Dari Fasilitas istirahat, tempat makan dan toilet sudah disediakan. Untuk masalah penginapan bisa ditemukan di Kota Lubuk Linggau yang merupakan kota

Sumber : http://www.go sumatera.

 Air Terjun Curup Maung Perjalanan Panjang Melelahkan
wisata alam air terjun maung
Mengunjungi air terjun Curup Maung Pagar Alam yang merupakan salah satu tempat wisata di Palembang yang populer karena berkali-kali menjadi trending topik di berbagai media, adalah suatu perjalanan panjang yang melelahkan. Betapa tidak, anda wajib mempersiapkan fisik bukan saja duduk selama 7 jam di dalam mobil untuk mencapai obyek indah ini dari ibukota Sumatera Selatan. Arahkan kendaraan anda menuju kota Lahat yang merupakan titik pertemuan antara wilayah Palembang, wilayah Lampung dan wilayah Bengkulu. Dari titik pertemuan tersebut (Pagar Alam, Lahat), anda masih perlu melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam menuju lokasi air terjun curup Maung yang menakjubkan ini.

curup maung pagar alam

Rute Menuju Curup Maung

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata air terjun di Pagar Alam lahat ini, maka sebaiknya pahami rute yang akan ditempuh. Bukan untuk mematahkan semangat anda, tetapi kami malah ingin mengajak anda mengatur perjalanan secara detail sehingga segalanya dapat dipersiapkan sebaik-baiknya.

  • Rute Perjalanan ke Curup Maung tahap pertama adalah dari kota Palembang menuju Pagar Alam, Lahat. Jarak tempuh biasanya berkisar 5 jam jika menggunakan moda transportasi umum. Jika anda menggunakan mobil sendiri, mungkin lebih cepat tetapi tidak terlalu berbeda jauh waktu tempuhkan. Karena transportasi umum (bis) yang digunakan biasanya tidak terlalu sering berhenti di tengah jalan.
  • Rute kedua yang harus anda lalui untuk mengunjungi air terjun Maung adalah jalur Pagar Alam menuju Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu. Ke desa ini membutuhkan waktu sekitar satu jam baik dengan alat transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Saran kami sebaiknya anda beritirahat dulu di Lahat, apalagi sebelumnya anda telah melalui perjalanan panjang yang melelahkan.
  • Rute ketiga dan terakhir adalah dari desa Padang Muaro Duo menuju lokasi air terjun Curup Maung adalah dengan berjalan kaki selama satu jam dengan memasuki hutan yang cukup lebat. Setiba di tempat wisata tersembunyi ini, dijamin anda akan lupa bahwa telah melakukan perjalanan panjang yang melelahkan. Karena keindahan tempat ini tiada tara dan mampu membius anda dengan panorama alam yang sungguh menakjubkan dengan dominasi warna hijau yang segar.wisata alam air terjun maung

Saran Terbaik

Melihat betapa lamanya perjalanan yang harus anda tempuh menuju Curup Maung Pagar Alam di Lahat-Palembang ini, sebaiknya ikuti saran terbaik kami yaitu:

  • Pastikan fisik anda prima termasuk kendaraan yang akan digunakan.
  • Titik istirahat pertama yang terbaik adalah di wilayah Lahat karena banyak pilihan resto dan tempat istirahat bagi anda. Jika langsung ke Pagar Alam juga bisa, tetapi hal ini terlalu memforsir tenaga anda yang sudah lelah melakukan perjalanan dari Palembang.
  • Di desa terakhir yaitu Padang Muaro Duo, sebaiknya titipkan kendaraan anda dan dikunci baik-baik. Ada lokasi khusus yang dipersiapkan untuk wisatawan yang ingin mengunjungi curup Maung yang indah, yang berada di dalam hutan. Kondisi ini seperti menuju Maribaya yang merupakan andalan wisata Lembang karena air terjunnya berada di dalam hutan.
  • Bawalah bekal yang cukup termasuk minuman, karena perjalanan panjang yang melelahkan memasuki hutan dan kebun kopi.
  • Perjalanan yang dilakukan menurun dan cukup curam, sehingga dibutuhkan alas kaki yang nyaman. Disarankan menggunakan sepatu daripada sandal.
  • Menuju Curup Maung Pagar Alam sebaiknya tidak perlu membawa perlengkapan yang banyak kecuali jika anda ingin camping. Beban yang berat saat berjalan kaki menyusuri hutan akan mempersulit perjalanan anda.

air terjun di palembangDemikianlah ulasan perjalanan panjang menuju tempat wisata alam Curup Maung Pagar Alam di wilayah Lahat Sumatera Selatan, yang sangat melelahkan. Tetapi jika anda melihat hasil foto yang kami sajikan, pasti sepakat perjalanan ini wajib dilakukan suatu saat. Keindahan panorama air terjun ini akan membayar lunas kelelahan kita. dan untuk membantu rute penjelajahan anda, silakan ikuti petunjuk yang jelas pada peta di bawah ini.

Sumber : http://www.wisatania.com

Air Terjun Bidadari ‘Surga’ di Tengah Rimba Kabupaten Lahat

1431361592149559381Kabupaten Lahat memiliki potensi wisata air terjun yang sangat banyak, air terjun ini tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten lahat, salah satunya di Kecamatan Pulau Pinang tepatnya di Desa Karang dalam. Dari 14 desa yang termasuk di wilayah kecamatan Pulau Pinang hanya empat desa yang memiliki potensi wisata air terjun yaitu Desa Perigi dengan air terjun Curup Panjang, Desa Talang sejemput dengan air terjun Gunung Nyawe dan Desa Karang Dalam adalah desa yang paling banyak memiliki air terjun.
Desa Dengan luas 10,43 KM2 ini memiliki Potensi Wisata air terjun sebanyak 4 lokasi yaitu Air Terjun Bidadari, Air Terjun Sumbing, Air Terjun Pandak dan air terjun Hujan Panas. Lahan lainnya berupa hutan, lahan pertanian, lahan perkebunan dan pemukiman warga.
Air Terjun Bidadari yang berada di tengah hutan, Air terjun ini memiliki puncak air terjun sampai 7 puncak dan tiga Kolam pemandian. Untuk dapat sampai ke Air terjun Bidadari atau yang disebut juga oleh warga dengan nama Ayek Asam, pengunjung dapat menempuhnya dengan kendaraan bermotor selama 15 menit atau dengan jarak 16 KM dari Kota Lahat dan saat sampai di Desa Karang Dalam pengunjung harus melanjutkanperjalanan dengan berjalan kaki melewati kebun kopi, masuk ke dalam hutan selama lebih kurang 30 menit. Sebelum melanjutkan perjalanan, masyarakat berpesan agar jangan membuang sampah sembarangan.“Sampah plastik atau sampah kertas dan lainnya dikumpulkan dalam kantong saja, nanti dibawa pulang dan dibuang di tempat sampah yang ada di Desa Karang dalam ini,” kata Khairul, beberapa orang warga juga memberikan nasihat yang sama.Ada dua alternative jalan yang dapat ditempuh, jalan pertama para wisatawan langsung menuju air terjun pertama dan jalan kedua para pengunjung dapat menyusuri Air terjun dari bawah.Air Terjun Bidadari memiliki ketinggian 30 meter dengan lebar kolam 15 meter, aliran sungainya bermuara ke Sungai Lematang. Air terjun bidadari dikunjungi banyak wisatawan, baik lokal maupun domestic, namun kondisi alam air terjun bidadari tidak pernah berubah, masih terlihat alami dan asri.Di tepian sungai tumbuh pohon-pohon rindang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasana semakin teduh, akar pepohonan itu pun menggantung di tepian Sungai, selain pohon mahoni tumbuh juga pohon bambu, di hutan sekitar air terjun bidadari juga terdapat burung dan kupu-kupu.Di sekitar lokasi Air Terjun Bidadari, terdapat 6 air terjun lagi dan 3 diantaranya adalah Air Terjun Bujang Gadis dengan ketinggian sekitar 4 m, Air Terjun Sumbing dengan ketinggian sekitar 35 m dan Air Terjun Naga dengan ketinggian sekitar 10 m.Untuk Air Terjun Bujang Gadis berjarak lebih kurang 30 m dari Air Terjun Bidadari.  Sedangkan Air Terjun Sumbing berjarak kurang lebih 80 m dari Air Terjun Bujang Gadis.  Dan Air Terjun Naga berjarak lebih kurang 50 m dari Air Terjun Sumbing.Kelestarian hutan dan air ini dijaga oleh masyarakat, tak satupun bekas tebangan pohon yang ada, jika ada pohon roboh hal tersebut dikarenakan usia pohon yang sudah tua. Dan di lokasi air terjun Bidadari tak satupun sampah berceceran disana.Wisatawan dapat menikmati keindahan tujuh air terjun sekaligus dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak atau berjalan di tengah sungai yang berlantai bebatuan hingga ke bawah air terjun Naga. Di air terjun ke dua, para pengunjung dapat mandi dan melompat dari puncak air terjun, air terjun kedua ini memiliki tinggi sekitar 10 meter. Di Desa Karang Dalam tak ada potensi penambangan, sehingga kelestarian hutan dan air dapat terjaga dengan baik.

Sumber : Kompasiana.com


Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s